kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan sangat besar dalam mengembangkan mutu pendidikan sekolah.
tipe-tipe kepemimpinan ditinjau dari cara pendekatannya
1. kepemimpinan otoriter
kepemimpinan yang bersifat otoriter muncul atas keyakinan pemimpin bahwa fungsi dan perannya adalah memerintah,mengtur dan mengawasi anggota kelompoknya.
2. kepemimpinan yang “laissez-faire”
pada kepemimpinan semacam ini pemimpin berkeyakinan bahwa perannya hanyalah mendapingi dan melayani apabila diperlukan. ia merasa fungsinya adalah sebagai penasehat dan pemberi petunjuk.
3. kepemimpinan yang demokratis
pada kepemimpinan yang demokratis pemimpin berkeyakinan bahwa perannya ialah mendorong, membimbing, menghimpun semua kekuatan kelompoksecara maksimal dan bekerja sama dengan kelompok dalam rangka mencapai tujuan bersama. ia merasa harus menggerakan kelompok kearah pencapaian tujuan.
kepala sekolah yang ideal
dalam kegiatannya ia menjalankan fungsi sebagai administrator yaitu mengusahakan dan mengembangkan pelbagai fasilitas sehingga situasi belajar-mengajar yang baik dapat berlangsung. Demikianpun ia berfungsi sebagai supervisor yang harus membina staffnya secara kontinyu agar terus bertumbuh dalam jabatannya.
Ketrampilan Kepala Sekolah
Kimball Wiles menyebut 5 ketramoilan yang harus dimiliki seorang kepala sekolah dalam kedudukannya sebagai supervisor
1. ketrampilan dalam kepemimpinan
2. ketrampilan dalam hubungan manusiawi
3. ketrampilan dalam proses kelompok
4. ketrampilan dalam administrasi personalia
5. ketrampilan dalam menialai staff
PERTANYAAN
1. Kepala sekolah adalah pemimpin yang resmi atau official leader. agar sukses dalam mengembangkan sekolahnya ia harus berusaha menjadi energing leader. mengapa demikian ?
2. Banyak pemimpin yang menganggap bahwa kewibawaan dapat diperoleh melalui kekuasaan, bahkan menyamakan kewibawaan dengan kekuasaan. bagaimanakah pendapat anda dengan anggapan ini dan bagaimanakah akibatnya ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikan Komentar Posting :