29 November 2014

PELANTIKAN TARUNA SMKN 1 WONOASRI ANGKATAN IV

Hari ini Sabtu, 22 Nopember 2014 Taruna SMKN 1 Wonoasri Angkatan IV dilantik oleh Bapak Wakil Bupati Madiun Drs. H. Iswanto, M.Si. Pelantikan Taruna Angkatan I - III saya selalu mendampingi pelantikannya, tetapi hari ini saya harus ke Jakarta dalam rangka menjemput SMK Rujukan Tahun 2015 bagi SMKN 1 Wonoasri. Rasanya memang ganjil,njanggal, tidak komplit tudak bisa mendampingi pelantikan Taruna Angkatan IV, tetapi pengembangan SMK Rujukan juga amat penting dalam rangka mengangkat sekolah ini ke derajat yang lebih tinggi lagi.
Pelantikan Taruna Angkatan I sangat sederhana dan hanyan diikuti oleh staf Taruna atau Staf Batalion yang berjumlah 72 taruna. Taruna angkatan I sebagai leader mengikuti pelatihan sekitar 3 bulan saja. Pelantikannya pun juga hanya sederhana di lapangan belakang sekolah, dilantik oleh kepala Dinas Pendidikan. Musik yang mengiringi hanya dongkrer sumbangan dari smkn 1 Jiwan, bukan Marching Band ala militer dengan berbagai atraksinya. Demonstrasi yang disuguhkan juga sangat sederhana sekali, bukan seperti sekarang.
Pelantikan Taruna Angkatan ke II dilaksanakan di GOR Pangeran Timur, dilantik oleh Bapak Wakil Bupati dan dihadiri oleh Komendan Kodim 0803, kapolres Madiun, Wakil Ketua DPRD Kab. Madiun, dan beberapa pejabat lainnya. Acara pelantikan Taruna Angkatan II diiringi oleh Marching Band Gema Turuna Nada/GTN, sekaligus menjadi cikal bakal group Marching Band di SMKN 1 Wonoasri. Selain itu juga dimeriahkan oleh atraksi demo PBB Formasi, Senam Balok, Bela Diri Militer, serta Dongkrer.
Pelantikan Angkatan III dilaksanakan di Lapangan Krajan Mejayan dengan formasi yang hampir mirip dengan angkatan III, hanya pejabat yang melantik adalah Asisten Pemerintahan.
Pelantikan Taruna Angkatan IV dilaksanakan di Lapangan Krajan Mejayan dengan pejabat yang melantik adalah Bapak Wakil Bupati Madiun. Format pelantikan hampir sama dengan acara pelantikan sebelumnya, hanya pelantikan kali ini menghadirkan Reyog Ponorogo. Pejabat yang ikut serta menghadiri pelantikan Taruna kali ini juga cukup banyak, yaitu wakil ketua DPRD Kab. Madiun, Kodim 0803 Madiun, Kapolsek wonoasri, Camat wonoasri dan pejabat lainnya.
Bisakakah kegiatan ketarunaan menjadi contoh dan diangkat sebagai agenda nasional bagi anak-anak SMK..? Kalau kegiatan ini lebih ditingkatkan menjadi kegiatan "Semi Wajib Militer" bagaimana.... .? anak-anak bangsa ini bisa mencontoh korea, jepang atau singapura bahkan china juga ada wajib militer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Posting :